Minggu, 01 April 2012

Macam - Macam Obat

Obat dalam bahasa inggris disebut drug yang berasal dari bahasa Perancis droque yang berarti "rempah kering". Menurut SK Menteri Kesehatan R.I. No.125/Kab/B.VII/71 tanggal 9 Juni 1971,  yang dimaksud dengan obat ialah suatu bahan atau paduan bahan-bahan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan dan menyembuhkan penyakit, luka, atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan, serta dapat memperelok badan atau bagian badan manusia. Terdapat beberapa istilah yang menyangkut dengan obat yang umum dipakai diantaranya ialah : 


  1. Obat Jadi ialah obat paten yang telah tersedia di pasaran, dikemas dalam berbagai bentuk sesuai dengan kegunaanya.
  2. Obat Paten dirumuskan sebagai obat jadi dengan nama dagang yang terdaftar atas nama pembuat atau yang dikuasakan dan dijual dalam bungkus asli dari pabrik [SK Menkes No.193/Kab/B.VII/71 tanggal 21 Agustus 1972]. Batasan obat paten menurut Permenkes No.085/Menkes/Per/I/1989 ialah obat dengang dengan menggunakan nama yang merupakan milik produsen yang bersangkutan. Pembuatan, penyimpanan, dan pengedaran obat di Indonesia diatur dan diawasi oleh direktorat jendral pengawas obat dan makanan (Dirjen POM, sekarang Badan POM). Selain itu di pasaran juga dikenal obat resmi dan tidak resmi, obat bebas, obat kerasdan obat bius.
  3. Obat Bebas ialah obat yang bebas dibeli di pasaran (toko obat, kios, atau diapotek) tanpa memerlukan resep dokter
  4. Obat Keras ialah obat-obat yang hanya dapat dibeli dari apotek dengan menggunakan resep dokter
  5. Obat bius hanya dapat diperoleh dari apotek dengan resep dokter, pengeluaran dan pemasukan ke apotek harus disertai dengan pelaporan kepada Menteri Kesehatan. 
Pustaka : Kumpulan Kuliah Farmakologi,EGC,Hal 7-8 (2008)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © Article Sharing

Canvas By: Fauzi Blog, Responsive By: Muslim Blog, Seo By: Habib Blog