DEXTAFEN


KOMPOSISI :

Tiap kaplet mengandung :
Dexchlorpheniramine maleate.............................................2 mg
Dexamethasone.................................................................0,5 mg

CARA KERJA OBAT :

DEXTAFEN mengandung Dexamethasone sebagai salah satu glukokortikoid yang memiliki aktivitas anti-inflamasi, antirematik dan anti-alergi, yang dikombinasikan dengan Dexchlorpheniramine Maleate sebagai antihistamin yang bekerja mencegah dan menanggulangi gejala-gejala yang ditumbuhkan oleh histamin.

INDIKASI :

Untuk mengatasi kasus-kasus alergi dimana diperlukan terapi dengan kortikosteroid seperti hay fever, asma bronkial kronis yang berat, rintis alergi, dermatitis kontak dan atopik, alergi obat, serum sickness, konjungtivitis alergi, keratitis, iritasi nongranulomatosa, dan peradangan lainnya pada mata.

KONTRAINDIKASI :

Hipersensitivitas, ulkus peptikum, osteoporosis, psikosis atau psikoneurosis berat, tuberkulosis, infeksi jamur sistemik atau infeksi virus akut, terutama infeksi herpes zoster pada mata.

EFEK SAMPING :

Retensi garam dan cairan, susah buang air kecil, gangguan pencernaan, peningkatan nafsu makan, hambatan pertumbuhan, gangguan menstruasi, pusing, penglihatan kabur, gangguan mental, osteoporosis, mulut kering, pelemasan otot dan sindrom Cushingoid, tukak lambung aktif, infeksi sistemik dan vertigo.

PERINGATAN DAN PERHATIAN :
-

Tidak dianjurkan penggunaan pada wanita hamil dan menyusui, lanjut usia dan penderita gangguan fungsi hati, hipertensi, gagal ginjal kronis, stres, uremia, glukoma dan hipertrofi prostat.
-
Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.
-
Tidak dianjurkan penggunaan pada anak-anak dibawah usia 6 tahun. Penggunaan kortikosteroid jangka panjang pada anak-anak harus disertai pengamatan seksama terhadap pertumbuhan dan perkembangannya.
-
Penggunaan dalam jangka panjang dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
-
Hati-hati penggunaan pada penderita kolitis ulseratif spesifik, tukak lambung, gangguan jantung, epilepsi, miastenia gravis, osteoporosis.
-
Hati-hati penggunaan pada penderita diabetes mellitus, karena dapat meningkatkan risiko glukoneogenesis dan mengurangi sensitivitas terhadap insulin.



INTERAKSI OBAT :
- Penggunaan bersamaan dengan obat-obat hipnotik/sedatif dapat meningkatkan efek sedasi.
- Penggunaan bersamaan dengan obat diuretik tertentu dapat meningkatkan efek hipokalemia.

DOSIS :

-
Dewasa dan anak-anak > 12 Tahun : 1-2 kaplet, 4 x sehari
-
Anak-anak 6-12 : 1/2 kaplet, 3-4 x sehari
-
Diminum sesudah makan dan sebelum tidur. Bila kondisi mulai membaik, dosis harus dikurangi secara bertahap dan pengobatan dihentikan bila kondisi memungkinkan.


PENYIMPANAN :

Simpan pada suhu 25°-30° C, terlindung dari cahaya.

KEMASAN & NO. REGISTRASI :

DEXTAFEN kaplet : Box isi 10 strip @ 10 kaplet/dkl0318817404A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER
PT OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES
BANDUNG - INDONESIA

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Daftar Blog Saya